KAJIAN BIBLIOMETRIK PENGEMBANGAN E-MODUL BIDANG IPA DI PERGURUAN TINGGI
Main Article Content
Abstract
Kajian Bibliometrik Pengembangan E-Modul Bidang IPA Di Perguruan Tinggi. Pada era revolusi industri 4.0, penggunaan teknologi digital dalam pendidikan menjadi sangat penting, terutama dalam menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan menarik.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan tren publikasi pengembangan e-modul dalam bidang sains di perguruan tinggi menggunakan analisis bibliometrik. Penelitian ini menganalisis 698 artikel ilmiah dari database Google Scholar antara tahun 2013 hingga 2023 dengan fokus pada e-modul IPA sebagai media pembelajaran. Metode analisis bibliometrik yang digunakan mencakup analisis performa dan pemetaan kata kunci. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan jumlah publikasi terkait e-modul, dengan tren yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, analisis co-word mengungkapkan hubungan antar istilah kunci dalam penelitian ini, menyoroti pentingnya integrasi e-modul dalam pendidikan tinggi. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan penelitian lebih lanjut di bidang pendidikan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.