PENGEMBANGAN MAJALAH IPA TEMA BATIK GENTONGAN TANJUNG BUMI MADURA TERINTEGRASI LITERASI SAINS
Main Article Content
Abstract
Pengembangan Majalah IPA Tema Batik Gentongan Tanjung Bumi Madura Terintegrasi Literasi Sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan majalah IPA tema batik gentongan Tanjung Bumi Madura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE, namun dibatasi hanya pada tahap analisis. Subjek penelitian ini yaitu guru IPA dan seluruh siswa di SMPN 2 Tanjungbumi Madura yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi, dan angket kebutuhan siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket kebutuhan siswa dan lembar wawancara guru. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis miles & huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA yaitu LKS dan buku paket, siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPA menggunakan bahan ajar tersebut, siswa merasa lebih senang jika bahan ajar yang digunakan lebih menarik secara visual, dan bahan ajar yang digunakan belum memuat topik kearifan lokal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa majalah IPA tema batik gentongan Tanjung Bumi Madura perlu dikembangkan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.