Main Article Content

Lusy Fajarwati
Ade Yeti Nuryantini
Neneng Windayani

Abstract

Inovasi Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Inovasi pembelajaran IPA sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad 21, yang menuntut keterampilan di bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM pada materi pesawat sederhana melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan dua kelompok siswa. Kelompok pertama menerima pembelajaran STEM yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi, sementara kelompok kedua hanya menggunakan pendekatan STEM. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi keterlibatan siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,000), di mana kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik. Pembelajaran berdiferensiasi terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif.

Article Details

How to Cite
Fajarwati, L., Nuryantini, A. Y., & Windayani, N. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 15(1), 9-16. https://doi.org/10.24929/lensa.v15i1.568