INOVASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Main Article Content
Abstract
Inovasi Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Inovasi pembelajaran IPA sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad 21, yang menuntut keterampilan di bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM pada materi pesawat sederhana melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan dua kelompok siswa. Kelompok pertama menerima pembelajaran STEM yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi, sementara kelompok kedua hanya menggunakan pendekatan STEM. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi keterlibatan siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,000), di mana kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik. Pembelajaran berdiferensiasi terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.