Main Article Content

Wahyu Fatihah
Ari Anggraeni Kasih Astuti

Abstract

Ecoprint: alternatif pendidikan karakter pada pokok bahasan kimia hijau dan pembangunan yang berkelanjutan. Konsep kimia hijau (Green Chemistry) dan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals), adalah salah satu pokok bahasan yang tercakup dalam Capaian Pembelajaran (CP) kimia fase E. Nilai karakter yang diharapkan pada pokok bahasan konsep kimia hijau (Green Chemistry) dan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals) adalah agar peserta didik dapat mengaplikasikan konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari sehingga berdampak pada karakter  cinta lingkungan, meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan bahan alam (kearifan lokal), memanfaatkan limbah menjadi barang-barang yang lebih berdayaguna dan bernilaiguna. Tujuan penelitian adalah menjadikan  pembuatan ecoprint  menjadi salah satu alternatif model pembelajaran berbasis projek dalam penerapan Kurikulum Merdeka, serta menerapkan pendidikan karakter khususnya pada bidang studi kimia. Penelitian merupakan hasil praktik baik (best practice), dengan metode deskriptif kualitatif. Data disajikan dalam bentuk deskriptif didukung oleh literasi dari studi pustaka. Hasil rata-rata pendidikan karakter adalah 83 (baik), dan hasil rata-rata produk ecoprint yang dihasilkan adalah 93 (sangat baik). Hasil penilaian menunjukkan bahwa praktek pembuatan ecoprint dapat menghasilkan karakter yang baik dan kualitas . Simpulannya projek pembuatan ecoprint dalam mata pelajaran kimia dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk menghasilkan karya yang lebih baik, namun tetap memperhatikan permasahan lingkungan hidup dengan penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Article Details

How to Cite
Fatihah, W., & Astuti, A. A. K. (2025). ECOPRINT: ALTERNATIF PENDIDIKAN KARAKTER PADA POKOK BAHASAN KIMIA HIJAU DAN PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.24929/lensa.v15i1.567