ECOPRINT: ALTERNATIF PENDIDIKAN KARAKTER PADA POKOK BAHASAN KIMIA HIJAU DAN PEMBANGUNAN YANG BERKELANJUTAN
Main Article Content
Abstract
Ecoprint: alternatif pendidikan karakter pada pokok bahasan kimia hijau dan pembangunan yang berkelanjutan. Konsep kimia hijau (Green Chemistry) dan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals), adalah salah satu pokok bahasan yang tercakup dalam Capaian Pembelajaran (CP) kimia fase E. Nilai karakter yang diharapkan pada pokok bahasan konsep kimia hijau (Green Chemistry) dan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals) adalah agar peserta didik dapat mengaplikasikan konsep kimia dalam kehidupan sehari-hari sehingga berdampak pada karakter cinta lingkungan, meningkatkan hasil belajar dengan memanfaatkan bahan alam (kearifan lokal), memanfaatkan limbah menjadi barang-barang yang lebih berdayaguna dan bernilaiguna. Tujuan penelitian adalah menjadikan pembuatan ecoprint menjadi salah satu alternatif model pembelajaran berbasis projek dalam penerapan Kurikulum Merdeka, serta menerapkan pendidikan karakter khususnya pada bidang studi kimia. Penelitian merupakan hasil praktik baik (best practice), dengan metode deskriptif kualitatif. Data disajikan dalam bentuk deskriptif didukung oleh literasi dari studi pustaka. Hasil rata-rata pendidikan karakter adalah 83 (baik), dan hasil rata-rata produk ecoprint yang dihasilkan adalah 93 (sangat baik). Hasil penilaian menunjukkan bahwa praktek pembuatan ecoprint dapat menghasilkan karakter yang baik dan kualitas . Simpulannya projek pembuatan ecoprint dalam mata pelajaran kimia dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk menghasilkan karya yang lebih baik, namun tetap memperhatikan permasahan lingkungan hidup dengan penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.