IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI TARL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA
Main Article Content
Abstract
Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad ke-21 menuntut guru untuk berperan sebagai fasilitator sekaligus menguasai keterampilan abad ke-21, seperti literasi digital, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Namun, terdapat kesenjangan antara kondisi ideal dan realitas di lapangan, salah satunya rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Teaching at the Right Level (TaRL) adalah pendekatan pedagogis yang menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan siswa untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak Discovery Learning dan TaRL terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa angket motivasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan hasil belajar dari rata-rata 76,7 menjadi 92,3. Dengan demikian, Discovery Learning dan TaRL terbukti efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi IPA.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.