Main Article Content

Winda Aulia Dwiyanti
Wahyu Budi Sabtiawan
Mujianto Mujianto

Abstract

Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Terintegrasi TaRL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad ke-21 menuntut guru untuk berperan sebagai fasilitator sekaligus menguasai keterampilan abad ke-21, seperti literasi digital, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Namun, terdapat kesenjangan antara kondisi ideal dan realitas di lapangan, salah satunya rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Teaching at the Right Level (TaRL) adalah pendekatan pedagogis yang menyesuaikan pembelajaran dengan kemampuan siswa untuk memenuhi kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak Discovery Learning dan TaRL terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa angket motivasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan hasil belajar dari rata-rata 76,7 menjadi 92,3. Dengan demikian, Discovery Learning dan TaRL terbukti efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi IPA.

Article Details

How to Cite
Dwiyanti, W. A., Sabtiawan, W. B., & Mujianto, M. (2025). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI TARL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 15(1), 17-26. https://doi.org/10.24929/lensa.v15i1.496