STUDI PUSTAKA: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPA
Main Article Content
Abstract
Studi Pustaka: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pelajaran IPA. Pendidikan abad 21 menuntuk peserta didik memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan 4 komponen yakni: 1) critical thinking, 2) creativity, 3) communication, 4) collaboration. Keterampilan berpikir kreatif merupakan suatu proses berpikir untuk menggali potensi peserta didik dalam menghasilkan karya inovatif serta mampu menemukan solusi akan permasalahan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan studi pustaka untuk mendalami lebih detail model pembelajaran PjBL terhadap keterampilan peserta didik pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode literatur research sebanyak 13 artikel gabungan dari jurnal nasional dan internasional. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan 13 artikel yang dilakukan, kesimpulannya ialah penelitian studi pustaka penerapan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran IPA memiliki dampak positif dan berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.