Main Article Content

Zainal Arifin
Devi Wulandari

Abstract

Keberagaman peserta didik agar dapat belajar susuai dengan minat dan gaya belajarnya dapat diatasi menggunakan pembelajaran berdiferensiasi sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Pada praktiknya pembelajaran berdiferensiasi belum banyak dilakukan di madrasah khususnya pada pelajaran IPA. Tujuan kajian literatur ini untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPA yang diterapkan di Madrasah. Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penulisan artikel  ini  adalah kajian literatur. Kajian literatur diperoleh dari  artikel tahun  2020  hingga  2023. Pencarian literatur difokuskan pada kata kunci “Pembelajaran IPA berdiferensiasi” sehingga total artikel yang diperoleh sebanyak 2260 artikel, untuk  penelitian pada  jenjang  SD, SMP dan SMA, yang diakses menggunakan google scholar. Berdasarkan kajian literatur dapat disimpulkan penelitian pembelajaran diferensiasi yang terintergrasi dengan Al-Qur’an belum dilaksanakan di madrasah khususnya pada pelajaran IPA jenjang MTs.

Article Details

How to Cite
Arifin, Z., & Wulandari, D. (2024). KAJIAN LITERATUR: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 29-36. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.409