Main Article Content

Selvia Dinda R
Setyo Atmojo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning dalam meningkatkan pemecahan masalah dan motivasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Hasil Dari hasil analisis  T-Test eksperimen dan kontrol diperoleh bahwa nilai signifikansi  (2-tailed)  sebesar 0,000. karena sig <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan postest maka didapat hasil uji hipotesis H0 di tolak dan H1 diterima yaitu, “Model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan pemecahan masalah dan motivasi siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 1 Padokan”. Hasil uji N gain Score kelas ekperimen cukup efektif dan kelas kontrol kurang efektif. Didapat kesimpulan kuesioner ekperimen cukup efektif kuesioner kontrol tidak efektif. Kesimpulaln uji N Galin Score aldallalh, “Model Problem Balsed Lealrning (PBL) efektif dallalm meningkaltkaln pemecalhaln malsallalh daln motivalsi siswal paldal pembelaljalraln IPAL di kelals V SD Negeri 1 Paldokaln”

Article Details

How to Cite
Dinda R, S., & Atmojo, S. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 1 PADOKAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 48-57. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.399