PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII
Main Article Content
Abstract
Model Pembelajaran berbasis proyek (PJBL) adalah model pembelajaran memiliki tahapan bermakna untuk mengembangkan kognitif dan pemikiran mendalam peserta didik untuk menentukan tujuan, mencari informasi, dan menuntaskan proyek. Berdasarkan pengamatan awal yang telah dilakukan di UPT SMPN 1 Suppa, ditemukan hasil pembelajaran peserta didik termasuk ke dalam kategori cukup dengan menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan menggunakan model penelitian campuran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A sebanyak 32 orang. Terjadi peningkatan persentase keaktifan belajar dan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.